Berikut Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Membeli Iphone Inter Bekas

Hai teman – teman lama nih mimin gak update artikel, kali ini ada artikel baru lho tentang hal-hal yang perlu kalian perhatikan ketika membeli Iphone bekas.

Setuju gak nih kalau mimin bilang kini pengguna Iphone semakin banyak? tak hanya dari kalangan anak muda, orang dewasa sampai yang tua pun kini terpikat oleh kecanggihan teknologi Iphone.

Btw. temen – temen saat ini pengguna Iphone apa Android? Atau mungkin pengguna android yang mau pindah ke Iphone? Kalau mau beli Iphone belinya bekas atau baru?

Kalau beli baru sih gak perlu khawatir, dijamin barangnya bagus dan yang penting masih segel lho ya..

Nah kalau yang bekas gimana?

Perbedaan Iphone Bekas Inter dan Iphone Bekas iBox

Kalian pasti bertanya-tanya Iphone Inter itu apa sih? Iphone iBox itu apa sih? Tenang, mimin kali ini akan jelasin apa itu Iphone Inter dan Iphone iBox.

Iphone Bekas iBox

iBox adalah salah satu distributor resmi dari Apple yang ada di Indonesia, jadi bisa dipastikan barangnya aman.

Kelebihan dari Iphone bekas iBox adalah nomor IMEI tetap aman dan tidak akan terblokir, dan terkadang masih memiliki garansi resmi.

Kekurangan Iphone bekas iBox adalah harganya yang masih stabil dan lebih mahal dari Iphone bekas Inter.

Iphone Bekas Inter

Iphone ini biasanya masuk Indonesia melalui jalur tidak resmi, atau masuk Indonesia melalui jalur perseorangan.

Kelebihan dari unit ini adalah harganya yang lebih murah dari Iphone resmi atau iBox selisih 500rb-1,5jt dan Iphone dengan keluaran yang baru lebih cepat masuk ke Indonesia.

Dengan harga yang memiliki selisih banyak tersebut Iphone Inter juga memiliki segelintir kekurangan seperti misal masalah klaim garansi yang tidak ada di Indonesia dan masalah seperti IMEI terblokir juga sering terjadi.

Namun perlu diperhatikan juga bahwa iPhone bergaransi inter yang akan dibeli itu benar benar asli dan bukan barang refurbished, soalnya mimin kemarin hampir kena tipu sama seller yang jual Iphone bekas Inter refurbished.

Hal yang perlu diperhatikan ketika membeli Iphone Bekas

Seperti mimin bilang tadi ketika membeli Iphone pastikan dengan teliti itu iphone asli atau bukan, agar kalian tidak kecewa nantinya. Berikut hal hal yang perlu kalian perhatikan.

Kondisi Fisik

Pastikan kondisi fisik Iphone bekas yang ingin kalian beli, mulai dari casing, layer depan, kaca pelindung kamera, sampai garis antenna.

Hal ini tidak terlalu berpengaruh terhadap kinerja Iphone, untuk persentase kerusakan atau lecet mungkin saran mimin 90% aja, karena nantinya masih bisa ditutupi dengan aksesoris seperti Case.

Cek Kamera

Source : tulungagung.pikiran-rakyat.com
Cek Kamera Iphone – Source : tulungagung.pikiran-rakyat.com

Kalian pasti tahu bahwa keunggulan iphone pada kameranya,iya kan? Pastikan cek berkali kali kondisi kamera, test menggunakan mode slow motion video, lalu cek stabilizer nya, pastikan aman semua.

Cek Mic atau Speaker

Hal ini juga penting karena perangkat tersebut yang kita gunakan untuk komunikasi telepon dan juga kalian gunakan ketika menggunakan fitur video.

Cek Battery Health

Kesehatan baterai atau Battery Health sangat penting juga diperhatikan ketika ingin membeli Iphone bekas, karena jika persentasenya sudah sedikit sangat mengganggu kinerja ponsel tersebut, iphone jadi lebih cepat kehabisan baterai alias boros baterai.

Saran mimin untuk persentase battery health adalah 89% keatas, menurut mimin itu masih di titik aman.

Cara cek nya masuk ke menu Setting >> Battery >> Battery Health kalian cek disitu berapa persen battery health nya.

Cek Menggunakan Aplikasi 3UTools

Aplikasi atau software 3uTolls ini adalah aplikasi yang bisa gunakan untuk mengecek kondisi ponsel yang akan dibeli, aplikasi ini memberi informasi mulai dari apa saja yang sudah pernah di ganti atau servis, dan waktu kapan iphone tersebut di servis.

Kalian bisa download aplikasi 3uTools tersebut di SINI.

Eits.. Tapi jangan seratus persen percaya sama 3uTools ya gaes!! Soalnya akhir-akhir ini ada berita 3uTools bisa di manipulasi, mimin aja sempet ketipu juga hehehehew

Cek Serial Number / IMEI

Yang paling penting dalam membeli Iphone bekas apa lagi yang inter, wajib cek Serial Number atau IMEI nya.

Dengan mengecek Serial Number atau IMEI kalian bisa tau Iphone yang akan kalian beli itu refurbished atau bukan.

Ikuti Langkah – Langkah berikut ini untuk cek Serial Number atau IMEI

Kalian buka menu Pengaturan

Kalian pilih Umum

Lalu kalian pilih Mengenai

Tertera Nomor Seri atau Serial Number, kalian pencet tahan lalu Salin

Paste kan Serial Number tersebut ke situs iUnlocker.com

Tunggu beberapa saat hingga muncul gambar seperti berikut ini

Kalian cocokan apakah fisik unit nya sama atau tidak dengan yang tampil pada iUnlocker, jika tidak sama bisa dipastikan hp Iphone yang kalian beli adalah Refurbished.

So, mungkin itu saja yang bisa mimin bagi informasi tentang hal-hal yang perlu kalian perhatikan ketika membeli Iphone bekas, ini berdasarkan pengalaman mimin juga hehehew. Ingat!! Jangan pernah berpatokan kepada 3uTools saja!! Karena seller nakal bisa memanipulasi data!! Makin canggih aja yee!!

Sekian terima kasih semoga informasi ini bermanfaat buat kalian semua.. silahkan berkomentar apalagi yang perlu kita bahas untuk artikel berikutnya, dan jangan lupa…

Baca Juga : Realme C21, Smartphone Triple Kamera Harga 1 Jutaan

 

Tinggalkan komentar